Dr Haposan Siallagan: Akreditasi UHN Berkat Doa Masyarakat

Universitas HKBP Nommensen

topmetro.news – Wakil Rektor I Universitas HKBP Nommensen Dr Haposan Siallagan SH MH mengatakan, keberhasilan mereka meraih nilai ‘B’ dan ‘AIPT B’ di semua program studi seluruh fakultas, adalah berkat doa masyarakat Sumut.

“Universitas HKBP Nommensen telah mendapat nilai ‘B’ dan juga ‘AIPT B’, adalah berkat doa masyarakat Sumut. Dan juga komitmen kami melayani masyarakat Sumut melalui layanan pendidikan yang bermutu dalam rangka membangun SDM yang cerdas, visioner, berintegritas dan takut akan Tuhan,” katanya.

Berkat Bagi Dunia

Dia pun menghubungkan niat itu dengan visi dan misi HKBP, yaitu menjadi berkat bagi dunia. Maka visi misi HKBP itu, kata dia, mereka turunkan ke UHN. “UHN harus jadi berkat bagi siapa saja melalui layanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas,” tegas Wakil Rektor UHN Bidang Akademik itu, menyikapi baru keluarnya Akreditasi Prodi Pendidikan Matematika dengan nilai B.

Doktor hukum tata negara lulusan S2 UNPAD dan S3 USU itu pun meyakinkan masyarakat untuk tidak ragu kuliah di UHN. Ditambahkannya, bahwa akreditasi B merupakan pencapaian dan kategori cukup baik dan sudah nyaman. “Bahkan ke depan kita tingkatkan bagaimana supaya mendapat nilai A,” tegas Dr Haposan.

Diingatkannya pula, bahwa tempat di PTS tentu terbatas, apalagi yang berkualitas. “UHN adalah PTS sangat sehat menurut Kopertis. Karena semua anjuran dan aturan main dari pemerintah kita ikuti. Semua dosen di lingkungna UHN minimal S2 dan saat ini sudah banyak S3. Semuanya tamatan dari universitas ternama,” urainya.

Disampaikannya, sudah tercapainya akreditasi B di semua prodi lingkungan UHN, adalah sebuah gambaran, bahwa mereka sudah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik. Artinya, kata Haposan, dengan prodi B berarti proses pembelajaran dan proses perkuliahan berjalan baik dan sesuai SOP pemerintah.

“Bahkan kita pun dalam belajar selalu disiplin dan tepat waktu. Kita semua mendisiplinkan dosen dalam mengajar seperti harus punya RPS, rapi, memberikan kontrak kuliah yang jelas dan pemakaian waktu yang tepat. Artinya, disiplin internal sangat kita tegakkan,” tandasnya.

“Untuk itu, jangan pernah ragu kuliah di Universitas HKBP Nommensen. Karena semua prodi S1 sudah B dan ini sudah sangat baik. UHN adalah lembaga yang sudah punya nama cukup lama dan sudah menghasilkan banyak lulusan tersebar di ragam profesi dalam negeri dan luar negeri. Jadi, secara internal UHN sudah sangat bagus,” sambung dia.

Aktif Pertukaran Mahasiswa

Dr Haposan menambah, bahwa UHN aktif mengirimkan mahasiswa mengikuti ‘student exchange’. Selain itu juga mengirimkan alumni kuliah S2 di Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

“UHN juga menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan nasional, pemda, BRI, dan berbagai lembaga lain, untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang substansial,” tegas Dr Haposan Siallagan.

Dikatakan, kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri juga dilakukan untuk peningkatan mutu dan kompetensi lulusan UHN. “Untuk itu, jangan ragu kuliah di UHN. Karena semua akreditasi B,” tegas Haposan Siallagan.

Hal serupa disampaikan Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau. “Jangan ragu kuliah di UHN. Karena semua program studi skreditasinya sudah ‘B’ dan AIPT-nya juga nilai B,” tegas rektor. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment